Terjadinya Masalah Sosial Ekonomi di Masyarakat Akibat datangnya Covid-19


     Sejak kasus Covid-19 meningkat di Indonesia, berbagai permasalahan sosial dan ekonomi muncul di tengah masyarakat. Tak dapat dipungkiri jika Covid-19 telah hampir melumpuhkan kondisi sosial ekonomi masyarakat Indonesia, khususnya di beberapa daerah dengan tingkat penyebaran tertinggi seperti Jabodetabek. Per tanggal 1 April 2020, total jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia menjadi sebanyak 1.677 orang. Dari 1.677 kasus positif Covid-19 tersebut, 1.417 pasien saat ini menjalani perawatan dan 103 pasien dinyatakan berhasil sembuh dari penyakit Covid-19 (Tirto, 1 April 2020). Sementara itu, WNI di luar negeri juga sudah terdampak Corona dengan jumlah korban sebanyak 133 WNI yang positif terinfeksi Covid-19.


gambar virus corona yang menular dengan cepat



     Hal ini membuat pemerintah harus memutar otak dan melakukan berbagai kebijakan seperti himbauan untuk melakukan social distancing, Work From Home, PSBB dan berbagai kebijakan lainnya untuk menghambat penularan covid-19. Dengan adanya kebijakan pemerintah ini serta situasi yang semakin genting, tentunya memberikan dampak bagi masyarakat, baik masyarakat menengah ke bawah hingga kalangan elit. Berbagai masalah sosial ekonomi muncul dan dampaknya langsung terasa oleh masyarakat. Diantaranya adalah :

1. Kelangkaan barang
     
     Semenjak covid-19 datang ke tanah air, korban selalu meningkat dan mengakibatkan beberapa barang menjadi langka dan dijual dengan harga tinggi dan berkali lipat . Seperti masker, hand sanitizer dan APD. Ini menyebabkan masyarakat golongan bawah kesulitan membeli barang barang tersebut karena faktor ekonomi yang terhimpit.

(Pendapat saya untuk mengatasi hal ini adalah pemerintah memperbanyak produksi barang barang tersebut agar harga jual nya dapat ditekan )

(semakin tinggi permintaan dengan sedikit stok barang semakin tinggi harga jual)


2. Tindakan Kriminal yang meningkat pesat
      
     Banyak kemungkinan tindakan kriminal yang terjadi, dan akhir akhir ini tindakan kriminal di indonesia meningkat, bisa di lihat di berita-berita televisi atau bahkan ada di sekitar rumah mendengar kabar bahwa adanya pencurian motor, mobil, sembako, perampokan, pembegalan dan kejahatan lainnya

pembegalan terhadap pemotor lain



(menurut saya, permasalahan tersebut terjadi akibat dari banyaknya pekerja yang di pecat perusahaan untuk menjaga perusahaan agar tidak terjadi kebangkrutan, dan sulitnya mencari uang bagi semua orang akibat pandemi yang membatasi langkah gerak kita untuk menghindari penularan/ pemberlakuan PSBB.)
(langkah untuk mengatasinya adalah perbanyak beribadah, perkuat iman, membantu orang yang sedang kesulitan, memanfaatkan bantuan-bantuan dari pemerintah).



Oke sekian dulu dari saya, jadi inti dari blog ini adalah banyak sekali masalah sosial yang dapat terjadi, dimanapun dan siapapun mungkin pernah/sedang mengalaminya, kita harus bisa menyesuakan diri dengan cara mencari solusi dari setiap masalah.

Terimakasih telah membaca sampai akhir.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diskriminasi : Penyebab dan Contoh Kasusnya.

Keberagaman Agama di Indonesia

Gerakan Black Lives yang dipicu oleh kematian George Floyd secara masif dan global