Diskriminasi : Penyebab dan Contoh Kasusnya.

 Hallo semua, kembali lagi dengan saya daniel. Saat ini saya akan menjawab tugas dari mata kuliah ilmu sosial dasar tentang diskriminasi.


  • Apa itu Diskriminasi ?

Gambar 1. Perlakuan Diskriminasi
    
    Diskriminasi adalah perbuatan sesorang atau beberapa kumpulan kelompok orang yang membeda-bedakan orang lain secara sengaja (semacam perbuatan rasis) Pembedaan tersebut biasanya didasarkan pada agama, etnis, suku, dan ras. Diskriminasi cenderung dilakukan oleh kelompok mayoritas terhadap kelompok minoritas.

  • Jenis-jenis
    Bentuk diskriminasi yang sering dilakukan dalam kehidupan masyarakat adalah rasisme dan seksisme. Penjelasannya sebagai berikut: Rasisme Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, rasisme atau rasialisme merupakan paham bahwa ras diri sendiri adalah ras yang paling unggul. Ras lain diluar rasnya sendiri dipandang sebagai ras yang rendah. Seksisme Seksisme merupakan tindakan diskriminasi yang dilakukan oleh laki-laki terhadap perempuan. Dalam hal ini, kecerdasan dan kekuatan fisik laki-laki dianggap lebih tinggi daripada perempuan.

  • Penyebab terjadinya diskriminasi
    Alasan terjadinya diskriminasi yaitu prasangka negatif yang muncul dalam pikiran masyarakat atau sesorang terhadap sesorang terhadap kelompok tertentu dan juga sterotip buruk yang muncul tanpa tahu kebenaranya.

  • Contoh kasus diskriminasi
    Contoh nya yaitu : orang yang terkena HIV dijauhi oleh teman atau masyarakat sekitar, padahal penyakit tersebut tidak menular, Sekolah negeri selalu lebih baik daripada Sekolah swasta, orang yang tidak melanjutkan sekolah sampai lulus dianggap mempunyai masa depan suram, padahal tingkat kesusksesan setiap orang berbeda-beda.

    Sekian dulu tulisan saya disini, dengan ini dapat disimpulkan bahwa, saat ini masih banyak kejadian melakukan pendiskriminasian, padahal mereka yang melakukan hal tersebut belum mengetahui fakta yang ada, jadi sebagai manusia lebih baik kita tidak terlalu terlarut dalam pikiran negatif saja, tetapi isilah dengan yang positif agar hari-hari yang kita lewati semakin seru dan aman, dan pikiran melakukan diskriminasi pun bisa di minimalisir. 

   





     Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keberagaman Agama di Indonesia

Gerakan Black Lives yang dipicu oleh kematian George Floyd secara masif dan global