Cara Merawat Baterai Laptop

Hallooo pengunjung, ini adalah blog pertama saya. Saya adalah mahasiswa baru di Universitas Gunadarma .Sehubungan dengan adanya tugas kuliah untuk membuat blog , jadi saya membuat blog ini. Mohon maaf apabila artikel ini memiliki banyak kekurangan, selebihnya saya akan meng-improve artikel saya agar semakin baik kedepannya. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk kalian, terimakasih dan selamat membaca.




Seperti yang kita ketahui , laptop saat ini telah menjadi suatu kebutuhan untuk menunjang aktivitas sehari-hari, apalagi di situasi saat ini  (Munculnya wabah covid-19 di Indonesia) aktivitas kita menjadi terbatas, contohnya adalah dilakukannya social distancing karena kebijakan pemerintah untuk meminimalisir penularan virus covid-19 di Indonesia. Nah karena kebijakan yang dilakukan ini kita jadi tidak bisa melakukan kegiatan biasanya, seperti bersekolah dengan tatap muka , kuliah ke tempat perkuliahan , bekerja di kantor dan berbagai hal lainnya yang menyangkut kegiatan sosial.

Tapi dengan terjadinya hal seperti ini, laptop dapat menjadi sebuah perangkat yang sangat diperlukan untuk melakukan kegiatan tatap muka atau kegiatan belajar mengajar hanya dari rumah atau tempat kita tinggal (Work From Home), oleh karena itu pasti laptop akan sering digunakan selama penerapan social distancing yang tidak tahu pasti kapan berakhirnya. Saking seringnya kita menggunakan laptop , apabila memberlakukannya dengan tidak benar laptop bisa menjadi rusak , terutama dibagian baterai.

Berikut ini beberapa tips untuk merawat baterai laptopmu.


  1. Mengatur Tingkat Kecerahan (Brightness)    


Layar merupakan salah satu dari bagian laptop yang membutuhkan daya baterai , semakin tinggi cahaya yang digunakan maka semakin boros pula pemakaian baterai oleh layar,  jadi lebih baik menggunakan cahaya yang lebih rendah namun tetap terlihat untuk menghemat penggunaan baterai laptop. Cara untuk mengatur nya adalah 
  • Di menu awal halaman windows ,klik kanan.
  • lalu nanti akan muncul berbagai opsi, klik saja opsi display setting seperti ini:
 
  • setelah itu windows akan mengarahkan kita di bagian display 
  • lalu tinggal kita atur saja tingkat cahaya nya 
      2. Istirahatkan saat sedang di isi daya nya(charging)



Sering kali kita menggunakan laptop sambil di cas, padahal itu bisa membuat baterai menjadi rusak.
Jadi nanti apabila ingin nge cas usahain supaya laptop tidak melakukan pekerjaan atau di tutup saja sambil di cas jadi baterai bisa mengisi daya nya dengan baik.

      3.Hindari penggunaan laptop hingga baterai habis total ataupun cas terlalu lama



Kalau lagi keasyikan memainkan laptop , entah itu bermain game atau menonton film kadang kita memakai nya sampai baterai habis total, hal itu gak bagus karena bisa memperpendek umur baterai laptop. Disaat pemakaian berat usahakan mengisi baterai ketika telah menyentuh 50% baterai, untuk pemakaian ringan bisa sampai 30% baru di cas. Sebaliknya juga jangan cas terlalu  lama, kalau sudah penuh lebih baik di cabut saja.

Hal di atas adalah beberapa tips untuk merawat baterai laptop. Tapi, baterai laptop pun memiliki siklus pemakaian yang akan berkurang seiring pemakaian, Setelah hitungan siklus tercapai, disarankan untuk mengganti baterai baru untuk mempertahankan kinerja laptop biasanya baterai laptop akan berkurang performa nya setelah lebih dari 500 hitungan siklus pengisian 

Berikut ini adalah cara cek kesehatan baterai laptop windows

cara cek kesehatan baterai windows


  • Klik tombol Start dan ketik "cmd" dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk menjalankan dalam mode administrator 
  • Ketik "powercfg/batteryreport" (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter 
  • Buka file://c Windows/System32?battery-report.html dan tekan enter
 



  • Scroll ke bawah ke bagian "Battery Information" kamu akan melihat bagian "Design Capacity" , "Full Charge Capacity" , dan "Cycle Count"
  • Scroll kebawah lebihi lanjut untuk melihat perkiraan masa pakai baterai pada bagian "Battery Life Estimates". Kamu bisa mendapatkan gambaran tentang berapa lama laptop akan bertahan pada muatan penuh berdasarkan kapasitasnya saat ini, dibanding ketika masih baru.
Bagian "Design Capacity" menunjukan ukuran baterai si laptop, inilah yang dijanjikan oleh pabrikan. Bagian "Full Charge Capacity" adalah kapasitas baterai maksimum untuk pengisian penuh, dimana jika lebih rendah dari "Design Capacity , itu berarti bahwa usia baterai mu mulai memburuk.

Ini sangat normal karena sifat baterai lithium ion, yaitu seiring waktu akan mulai kehilangan dayanya. Jika baterai laptop sudah menurun performanya, disarankan untuk ganti dengan yang baru.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diskriminasi : Penyebab dan Contoh Kasusnya.

Keberagaman Agama di Indonesia